• info@sman2-jkt.sch.id
  • 021-6294318
News Photo

PEMILOS

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan puncak dari susunan organisasi murid di sekolah. Hampir seluruh kegiatan siswa-siswi di sekolah berkaitan erat dengan organisasi-organisasi yang berada dibawah naungan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Karena hal ini, Organisasi Siswa Intra Sekolah memiliki peranan penting dalam pelaksanaan roda kegiatan siswa. Keberlangsungan Organisasi Siswa Intra Sekolah harus terus berkesinambungan dengan baik.

Dalam rangka regenerasi pengurus inti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode tahun 2023/2024, SMA Negeri 2 Jakarta mengadakan pemilihan inti OSIS. Pemilihan ini diselenggarakan oleh pengurus Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) pada hari Senin, 4 September 2023 di lapangan sekolah. Sistem pemilihan dilakukan dengan demokrasi secara langsung oleh seluruh siswa dan guru yang hadir, dimana dilakukan pemanggilan 2 kelas dalam waktu yang sama turun kelapangan untuk memilih calon yang diinginkan. Sedangkan, pemilihan oleh guru dilakukan secara door-to-door dengan mendatangi satu-persatu guru. Sebelum pemilihan, terdapat arahan yang diberikan kepada para partisipan mengenai cara memilih yang sah. Kegiatan regenerasi ini diawasi dan dipandu langsung oleh Pembina OSIS SMAN 2 Jakarta, Bapak Teguh Membara S.Pd. Pemilihan dilakukan secara adil dan jujur tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dengan total 692 partisipan.

Berikutnya, pembacaan hasil voting dilakukan pada hari dan tempat yang sama dimulai dari jam 12:45 WIB, setelah istirahat kedua hingga selesai. Pembacaan dilakukan dengan melihat satu-persatu surat suara oleh Christin Valentina selaku ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), dibantu dengan pengurus lainnya. Selama pembacaan terdapat penonton yang merupakan 2 orang murid dari perwakilan masing-masing kelas. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar tidak terganggu.

Hasil pemilihan inti OSIS SMA Negeri 2 Jakarta selesai dengan total perolehan 192 suara untuk Alfi Nur Antarini Muslih, selaku ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah periode tahun 2023/2024. Selanjutnya, Mischa Nadia selaku wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah mendapatkan jumlah suara sebanyak 138 suara. Kemudian, terdapat 132 suara yang menjadikan Leo Natalino sebagai sekretaris 1, bersama dengan Thomas Gavindra dengan perolehan total 90 suara sebagai sekretaris 2. Terakhir, Christian Davies Lam dinyatakan menjadi bendahara dengan total 82 suara terpilih.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan oleh sobat 2 semua. Saya merasa senang karena sudah dipercaya dan ada sedikit perasaan takut karena tanggung jawab yang saya pegang sekarang begitu besar,” Ujar Alfi saat diwawancarai.

“Saya akan berusaha semaksimal dalam menjalankannya dengan teman-teman OSIS semua. Mohon dukungan dan partisipasinya untuk acara-acara OSIS. Jika kedepannya terdapat kesalahan dari saya maupun dari teman-teman OSIS yang lain, mohon disampaikan secara langsung,” Ungkap Alfi lebih lagi.

Setelah pemilihan kepengurusan inti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) selesai, diharapkan kedepannya roda kepengurusan organisasi murid di Sekolah dapat terus berjalan dengan lebih baik. Sehingga, mampu menaungi potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi dengan optimal. Diharapkan juga, Organisasi Siswa Intra Sekolah dapat menjadi wadah dimana para siswa-siswi dapat belajar mengambil keputusan, bertanggung jawab, dan berkomunikasi dengan baik.

Share This News

"Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." - Imam Syafi’i